Uang 75 Ribu Bisa Buat Transaksi Nggak, Sih?

5/20/21, 4:35 PM

Halo Sobat! Lagi ada yang rame nih di medsos soal nggak diterimanya uang 75 ribu sebagai alat pembayaran. Banyak yang bilang kalau uang 75 ribu atau URK (Uang Rupiah Khusus) 75 Tahun Kemerdekaan RI cuma berlaku sebagai uang edisi khusus alias cuma sebagai koleksi aja dan nggak bisa dipakai untuk transaksi. Hmmm, emang bener ya? Yuk, kita cek sambil belajar hukum bareng.

Berdasarkan Ringkasan Peraturan Bank Indonesia No. 22/11/PBI/2020 Tentang Pengeluaran dan Pengedaran Uang Rupiah Khusus Peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia Pecahan 75.000 (Tujuh Puluh Lima Ribu) Tahun Emisi 2020 di poin yang ke 6 tertulis bahwa URK 75 Tahun Kemerdekaan RI mulai berlaku sebagai alat pembayaran yang sah pada tanggal 17 Agustus 2020.

Jadi, udah jelas nih bahwa URK 75 Tahun Kemerdekaan RI ini bisa Sobat pake untuk transaksi tunai. Mau beli di warteg, atau dimana aja, semuanya bisa. Terus, pembayaran dengan uang 75 ribu ini ternyata nggak bisa ditolak lho dan sudah ada hukumnya.

Dalam Pasal 23 ayat (1) UU Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang dijelaskan, setiap orang dilarang menolak menerima rupiah yang penyerahannya dimaksudkan sebagai pembayaran.

Terus di Pasal 33 ayat (2) juga ditegaskan bahwa setiap orang yang menolak menerima rupiah bisa dipidana dengan pidana kurungan paling lama satu tahun dan pidana denda paling banyak Rp 200 juta.

Nah, kalau gini kita jadi lebih ngerti deh kalau ternyata uang 75 ribu ini bisa kita pake! Mau cek info-info hukum terfaktual lainnya? Yuk, langsung aja download aplikasi OLeCo di Play Store. Cuma di aplikasi OLeCo Sobat bisa langsung konsultasi masalah hukum Sobat atau cek info-info hukum lainnya biar belajar hukum jadi lebih gampang! Yuk, buruan coba gratis Konsultasi Hukum sebelum periode promo berakhir.

Salam OLeCo!




KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Kegiatan yang Dilarang dan Perjanjian yang Dilarang menurut Hukum Persaingan Usaha



Hello, Sobat OLeCo! Sobat OLeCo tau ngga sih bahwa ada Kegiatan yang Dilarang dan Perjanjian yang Di ...
user image Tazkia Nanini 1/25/23, 10:51 AM

Mengenal Lebih Dekat dengan Hak Cipta



Sobat OLeCo pernah menciptakan sebuah lagu?Terus gimana cara kita untuk melindungi lagu kita supaya ...
user image Claudia D. Samhara Putri, S. H. 1/19/23, 10:05 AM

Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Sah? Cermati Larangannya!



Hello, Sobat OLeCo! Baru-baru ini, Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Priba ...
user image Tazkia Nanini 1/6/23, 10:17 AM

Artikel Lainnya