Terjerat Pinjol? Hadapi Aja!

10/28/21, 8:14 AM

Sobat, beberapa waktu belakangan ini chat room Curhat Hukum OLeCo dan Konsultasi Hukum OLeCo banyak banget dipenuhin sama Sobat-Sobat yang Curhat atau pun Konsultasi tentang jeratan Pinjol (Pinjaman Online). OLeCo paham banget gimana susahnya sebagian dari kita ngadepin hantaman pandemi Covid-19 ya. Banyak banget dari kita yang harus kehilangan kerjaan, proyek yang nggak jalan dan sulit secara ekonomi. Mau nggak mau, sebagian dari Sobat kayaknya terpaksa harus nyari solusi keuangan manfaatin Pinjol ini. Di satu sisi keberadaan Pinjol, OLeCo yakin ngebantu banget Sobat yang nggak punya jaminan dan butuh uang segera. Tapi di sisi lain, bunga Pinjol juga banyak yang nilainya luar biasa yang akhirnya ngejerat Sobat yang nggak bisa bayar. Antara jumlah pinjeman sama bunganya jadi nggak imbang.

Nah di artikel ini OLeCo mau kasih tips gimana ngadepin Pinjol ya Sobat Oleco.


1. Tips pertama. Jangan nambah pinjaman lagi ya Sobat. Apalagi tujuannya buat nutup Pinjol yang sebelumnya, atau jangan “gali lubang tutup lubang”. Ini akan bikin celah masalah baru buat Sobat. 

2. Tips kedua. Gimana pun juga, Pinjol ini adalah hutangnya Sobat ke pemberi pinjaman. Jadi Sobat punya kewajiban buat ngelunasinnya. Kalo Sobat kesulitan ngelunasin sekaligus, ajuin restrukturisasi ke pemberi pinjaman (pengurangan bunga, perpanjangan waktu pelunasan, pengurangan denda dan lain-lain). Pemberi pinjaman yang baik harusnya ngerti dan memahami hal ini karena Sobat udah nunjukin itikad baik buat ngelunasin pinjaman.

3. Tips ketiga. Kalo pemberi pinjaman udah nagih secara nggak baik dan nggak beretika (neror, ngintimidasi, ngeganggu), caranya Sobat blokir aja nomor-nomor yang neror ini. Rekam, simpen trus laporin nomor-nomor ini ke Polisi. Nah sehabis lapor ke Polisi, foto Laporan Polisi ini Sobat simpen baik-baik. Kalo penagih nggak beretika ini masih neror lagi, Sobat kirim aja foto Laporan Polisi ini ke mereka.

4. Tips keempat. Sobat mesti berupaya keras ngelunasin hutang Pinjol ini kalo masih ada ya Sobat. Pinjol juga kan udah ngebantu Sobat ngasih pinjaman tanpa jaminan. Nah ada saatnya Sobat juga mesti melunasi pinjamin ini biar nggak jadi masalah lagi di kemudian hari.

Kalo masih ada yang pengen ditanyain dari artikel OLeCo di atas, Sobat bisa chat aja di aplikasi OLeCo! Bisa didownload di Google Play dan App Store. Mumpung gratis. Kita akan bantu Sobat semaksimal mungkin ya.






KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Bikin Perjanjian Agar Tidak Lapor Polisi, Emang Boleh?



“Lagi ngapain, Bro?”“Ini liat berita, ada orang meninggal karena penganiayaan tapi gak dilapor ...
user image Adetia Surya Maulana 9/28/22, 9:25 AM

Jadi Tersangka Tapi Tidak Ditahan, Kok Bisa?



“Bro, equality before the law apaan sih?”“Itu salah satu asas hukum, yang artinya persamaan di ...
user image Adetia Surya Maulana 9/21/22, 7:20 AM

Kecelakaan Truk, Mengapa Sering Kali Hanya Sopir yang Jadi Tersangka?



“Waduh ini kok kecelakaan truk sering banget terjadi ya, Bro.”“Iya ni. Ada yang rem blong, kel ...
user image Adetia Surya Maulana 9/19/22, 9:27 AM

Artikel Lainnya