Mengambil Layangan Putus

1/12/22, 8:56 AM

Film Layangan Putus lagi trending ya Sobat. Serial drama yang dibintangi Reza Rahadian, Putri Marino dan Anya Geraldine ini lagi rame dibahas di media sosial setelah mulai tayang 26 November 2021 lalu.

Artikel ini juga akan ngebahas layangan putus. Tapi bahasannya bukan layangan putus serial drama yang lagi rame itu, tapi gimana hukumnya kalo layang-layang yang putus trus diambil sama orang yang bukan pemiliknya.

Layangan sebelum putus pasti ada pemiliknya Sobat ya. Nah karena layangan yang diterbangin ini riskan putus, apalagi layangan yang diadu sama layangan lain, maka layangan yang udah putus ini bisa aja ditemuin trus dibawa oleh penemunya. Trus kira-kira gimana aturan hukumnya buat orang yang ngambil atau nemuin layangan yang putus ini ya? Yuk kita bahas!

Rasanya dari dulu hampir nggak pernah kita denger ada orang yang memasalahkan kepemilikan layangan putus yang diambil orang lain. Udah lazim kalo layangan yang statusnya udah putus, trus ditemuin sama orang lain, layangan putus ini berhak dimiliki orang yang nemuinnya. Coba berandai-andai aja, gimana kalo penemuan layangan putus ini dilaporin sama pemiliknya ke Polisi. 

Dari aspek hukum pidana, mengambil layangan putus yang ditemuin di suatu tempat bisa memenuhi unsur tindak pidana penggelapan, Pasal 372 KUHP (Kitab Undang-Undang Hukum Pidana) atau tindak pidana pencurian, Pasal 362 KUHP. Kalau orang nemu dan ngambil layangan putus ini dari awal udah ada niat memiliki layangan itu, perbuatan ini oleh hukum bisa disebut pencurian.

Tapi kalo waktu nemuin layangan putus ini, penemunya punya niat ngembaliin ke yang punya, trus nyerahin layangan itu ke Polisi, perbuatan penemu ini bukan tindak pidana. Tapi kalo penemunya nggak jadi nyerahin ke polisi, trus justru ngemainin layangannya, tindakan ini disebut penggelapan.

Kesannya memang remeh banget ya Sobat. Kok layangan putus aja bisa ngejerat kita dari aturan hukum. Ya Namanya juga Indonesia negara hukum. Siapapun bisa ngelaporin kita karena diduga melanggar aturan hukum. Jadi Oleco nyaranin ke Sobat semua, kalo nemuin barang apapun di jalan atau di tempat umum, baiknya langsung serahin ke Polisi aja deh. Biar aman ya!





KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Terlambat Daftar Merek? Ini Akibatnya!



Hello Sobat OLeCo! Pastinya Sobat OLeCo udah sering denger kalau pengusaha ingin menjual suatu produ ...
user image Tazkia Nanini 7/7/22, 6:09 AM

Transformasi Cinta Dalam Lingkaran KDRT



Oleh: Karina Eka Sakti“Kok bisa ya, orang-orang tuh kehilangan rasa cintanya?”Aku penasaran baga ...
user image Karina Eka Sakti 7/4/22, 3:47 PM

Arena Bengis si Korban Pelecehan: Nyatakah Harapan?



Namanya Lala, dia temanku. Perempuan baru kepala dua yang kini mengenyam pendidikan di sebuah u ...
user image Diska Putri 7/3/22, 10:45 AM

Artikel Lainnya