Melawan Perundungan di Medsos (Cyberbullying)

1/18/22, 3:52 AM

Dalam beberapa sesi Curhat Hukum dan Konsultasi Hukum yang masuk ke Oleco, beberapa Sobat ngalamin perundungan (bullying). Bullying yang dialamin beberapa Sobat Oleco ini adalah perundungan di media social (Cyber Bullying). Nah, gimana cara ngelawan Cyber Bullying ya? Yuk kita bahas!


Kalo Sobat dirundung di Medsos, sebelum menempuh Langkah hukum, Oleco saranin Sobat ngelakuin beberapa Langkah berikut:

1. Cuekin aja. Dengan Sobat nyuekin bully-an itu, mudah-mudahan lama-lama dia bosen dan nggak posting materi perundungan lagi.

2. Kalo masih aja dia ngerundung Sobat, Sobat bisa nanggepin postingan itu dengan kata-kata yang baik dan nggak marah-marah ya. Oleco saranin Sobat kasih komentar ke akun itu bahwa konten bully-nya berpotensi ngelanggar hukum dan bisa Sobat laporin ke Polisi. Sobat coba sadarkan perundung biar dia nyetop bully-annya dan ngehapus posting-annya yang nggak baik.

Kalau Sobat marah-marah, kualitas Sobat sama aja dengan si perundung. Disamping itu, kalo Sobat marah atau emosi, si perundung pasti seneng dan dia akan punya bahan baru lagi buat nge-bully Sobat. Jadi tanggepin dengan santai aja ya. Siapa tau dengan gitu, si pem-bully jadi malu dan sadar udah nge-bully orang yang salah.

3. Setelah Sobat ingetin baik-baik ternyata pem-bully tetep nggak berubah, Sobat bisa blokir aja akun si pem-bully. Trus Sobat bisa laporin akun itu ke admin media sosial yang Sobat pake.


Nah setelah upaya di atas Sobat tempuh, langkah terakhir Sobat bisa laporin akun pem-bully ke Polisi. Cyber Bullying berpotensi ngelanggar Pasal 27 ayat (3) Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 yang diubah dengan Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE). Ancaman hukumannya paling lama 4 tahun penjara dan/atau denda paling banyak Rp 750.000.000.


Semoga artikel ini membantu Sobat ya. Tetap bijak bermedia sosial ya.





KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Bikin Perjanjian Agar Tidak Lapor Polisi, Emang Boleh?



“Lagi ngapain, Bro?”“Ini liat berita, ada orang meninggal karena penganiayaan tapi gak dilapor ...
user image Adetia Surya Maulana 9/28/22, 9:25 AM

Jadi Tersangka Tapi Tidak Ditahan, Kok Bisa?



“Bro, equality before the law apaan sih?”“Itu salah satu asas hukum, yang artinya persamaan di ...
user image Adetia Surya Maulana 9/21/22, 7:20 AM

Kecelakaan Truk, Mengapa Sering Kali Hanya Sopir yang Jadi Tersangka?



“Waduh ini kok kecelakaan truk sering banget terjadi ya, Bro.”“Iya ni. Ada yang rem blong, kel ...
user image Adetia Surya Maulana 9/19/22, 9:27 AM

Artikel Lainnya