Mantan Pacar Minta Barang Pemberiannya Dibalikin?

2/9/22, 12:55 PM

Udah beberapa kali OLeCo dapet pertanyaan dari Sobat yang konsultasi di aplikasi OLeCo. Pertanyaannya relatif sama, gimana hukum menilai kalau mantan pacar saya minta barang-barang pemberiannya dibalikin?

Sobat, kalo status barangnya adalah pemberian, status pemberian ini dalam hukum bisa disamain sama pemberian hibah atas barang. Jadi setelah Sobat menerima pemberian barang itu, maka Sobat sepenuhnya memiliki hak atas barang tersebut. Aturan hukumnya bisa Sobat baca di Pasal 1666 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (KUH Perdata), yang bunyinya:

“Penghibahan adalah suatu persetujuan dengan mana seseorang penghibah menyerahkan suatu barang secara cuma-cuma, tanpa dapat menariknya kembali, untuk kepentingan seseorang yang menerima penyerahan barang itu. Undang-undang hanya mengakui penghibahan-penghibahan antara orang-orang yang masih hidup”.

Jadi secara hukum, mantan pacar Sobat nggak punya hak lagi atas barang yang udah diberikan ke Sobat ya. Kecuali Sobat secara sukarela mengembalikan barang yang diminta itu. Nah, kalo Sobat secara sukarela ngembaliin barang itu, OLeCo saranin Sobat membuat bukti tanda terima barang yang Sobat tanda tangani sebagai pemilik, ke mantan pacar sebagai penerima. Jadi barang yang Sobat kasih ke mantan itu sebenernya statusnya adalah barang milik Sobat lho ya, yang Sobat kasih ke mantan pacar. Lucu ya?





KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Kegiatan yang Dilarang dan Perjanjian yang Dilarang menurut Hukum Persaingan Usaha



Hello, Sobat OLeCo! Sobat OLeCo tau ngga sih bahwa ada Kegiatan yang Dilarang dan Perjanjian yang Di ...
user image Tazkia Nanini 1/25/23, 10:51 AM

Mengenal Lebih Dekat dengan Hak Cipta



Sobat OLeCo pernah menciptakan sebuah lagu?Terus gimana cara kita untuk melindungi lagu kita supaya ...
user image Claudia D. Samhara Putri, S. H. 1/19/23, 10:05 AM

Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi Sah? Cermati Larangannya!



Hello, Sobat OLeCo! Baru-baru ini, Undang-Undang Nomor 27 Tahun 2022 tentang Perlindungan Data Priba ...
user image Tazkia Nanini 1/6/23, 10:17 AM

Artikel Lainnya