Setelah Hamil Pacar Nggak Tanggung Jawab, Bisa Dituntut Nggak?

5/12/22, 5:13 AM

Minggu lalu Oleco terima curhat hukum dari salah seorang Sobat Oleco. Sobat ini seorang cewek, umur 30 tahun. Katanya udah pacaran cukup lama sama cowok umur 28 tahun. Singkat cerita, Sobat Oleco ini hamil dari hubungan dengan pacarnya. Sobat yang curhat ini nanya ke Oleco, bisa nggak ngelaporin pacarnya ke polisi karena nggak mau tanggung jawab atas kehamilannya? Sobat ini sudah nempuh cara musyawarah dan kekeluargaan sama pacarnya biar mau tanggung jawab, tapi cowoknya tetep nggak mau tanggung jawab.


Oleco tentu prihatin banget sama kondisi yang dialami Sobat ini ya. Tapi Oleco juga mesti ngasih pendapat hukum yang jujur ke yang bersangkutan, kalo hubungan dua orang berlainan jenis yang udah sama-sama dewasa dan nyebabin ceweknya hamil diluar nikah, sulit banget cowoknya dituntut melalui jalur hukum. Pasal 6 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan ngatur bahwa “perkawinan harus didasarkan atas persetujuan kedua calon mempelai”. Trus di penjelasan Pasal 6 ayat (1) ini tertulis, “oleh karena perkawinan mempunyai maksud agar suami dan isteri dapat membentuk keluarga yang kekal dan bahagia, dan sesuai pula dengan hak azasi manusia, maka perkawinan harus disetujui oleh kedua belah pihak yang melangsungkan perkawinan tersebut, tanpa ada paksaan dari pihak manapun”.


Kalimat perkawinan atas persetujuan kedua calon mempelai dan tanpa ada paksaan dari pihak manapun di atas, nunjukin bahwa sulit banget nuntut seorang cowok buat nikahin cewek yang udah dihamilinya. Pendekatan kekeluargaan dan musyawarah adalah jalan terbaik buat nyadarin si cowok biar mau tanggung jawab atas kehamilin ceweknya.


Dari kasus di atas, Oleco pengen ngajak Sobat ngejalanin hubungan pacaran yang sehat ya. Kehamilan di masa sebelum nikah bisa nyebabin kondisi kayak yang Oleco tulis di artikel ini. Bukan cuma ceweknya yang sedih, bingung dan kecewa, Oleco yakin si cowok, orang tua dan keluarga kedua pihak pasti terpengaruh karena kondisi ini.





KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Bikin Perjanjian Agar Tidak Lapor Polisi, Emang Boleh?



“Lagi ngapain, Bro?”“Ini liat berita, ada orang meninggal karena penganiayaan tapi gak dilapor ...
user image Adetia Surya Maulana 9/28/22, 9:25 AM

Jadi Tersangka Tapi Tidak Ditahan, Kok Bisa?



“Bro, equality before the law apaan sih?”“Itu salah satu asas hukum, yang artinya persamaan di ...
user image Adetia Surya Maulana 9/21/22, 7:20 AM

Kecelakaan Truk, Mengapa Sering Kali Hanya Sopir yang Jadi Tersangka?



“Waduh ini kok kecelakaan truk sering banget terjadi ya, Bro.”“Iya ni. Ada yang rem blong, kel ...
user image Adetia Surya Maulana 9/19/22, 9:27 AM

Artikel Lainnya