Belanja Online Deket Hari Raya

5/11/21, 11:48 AM

Musim deket hari raya gini pasti banyak dari Sobat Oleco yang pengen belanja ya. Momen menjelang hari raya Idul Fitri, yang pas juga sama masa pandemi Covid-19, bikin sebagian dari Sobat ngandelin belanja online kan ya? Nah, ada pertimbangan yang mau Oleco tulis di artikel ini, buat panduan Sobat biar nggak kecewa, sedih atau marah berbelanja online deket-deket waktu hari raya.


Sobat, pemerintah udah ngeluarin aturan nggak boleh mudik hari raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriah ya. Aturannya bisa Sobat baca di Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 13 Tahun 2021. Dalam Surat Edaran ini ditulis larangan mudik berlaku 6 Mei sampai 17 Mei 2021. Artinya mulai tanggal 6 Mei pasti banyak aparat berwenang di jalan raya yang akan meriksa dan nertibin setiap kendaraan yang lewat. Pembatasan dan pengetatan mobilisasi kendaraan dan orang pasti terjadi dimana-mana. Situasi begini pasti berpengaruh buat kelancaran jasa pengiriman barang atau eksepedisi. Nah, Oleco pengen kasih tips buat Sobat yang di situasi begini mau tetep belanja online ya.


Pertama. Sobat mesti baca baik-baik pesan peringatan di aplikasi belanja online yang mau Sobat pake. Biasanya di hari-hari menjelang hari raya dan masa pelarangan mudik begini, aplikasi belanja online akan ngingetin proses pengiriman barang sangat berpotensi telat. Kalo Sobat belanja online barang dari luar kota, sangat mungkin barangnya akan telat sampe ke tangan Sobat. Walaupun Sobat udah milih cara pengiriman cepat atau ekstra cepat di aplikasi, di masa menjelang hari raya begini, bisa jadi barang nyampenya juga nggak tepat waktu. Trus siapa yang mesti disalahin kalo Sobat telat nerima barang pesanan? Kalo aplikasi belanja online udah nulis pesan peringatan keterlambatan pengiriman, artinya aplikasi belanja online ini nggak salah ya Sobat. Pesan peringatan ini mestinya jadi pertimbangan buat pemakai aplikasi apakah mau nerusin keinginan belanjanya dan mau nerima kondisi potensi keterlambatan pengiriman barang ini.


Kedua. Kalo Sobat memang ngebet banget pengen belanja online, saran Oleco, Sobat tanya dulu ke toko onlinenya ya, apakah barangnya ready dan kapan bisa dikirim ke jasa pengiriman (ekspedisi). Kalo barang yang mau dibeli memang mau dipake waktu hari raya, baiknya Sobat beli dari toko online di aplikasi belanja online yang lokasi toko onlinenya ada di kota yang sama dengan kota tempat tinggal Sobat. Jadi pengiriman barangnya bisa lebih lancar dan pengirimannya bisa pake taksi online atau ojek online biar langsung sampe.


Ketiga. Kalo Sobat udah bertransaksi belanja online menjelang hari raya ini, trus ada masalah pengiriman yang terlambat atau masalah lain, Oleco nyaranin Sobat langsung kontak ke layanan pelanggan (customer care) aplikasi belanja onlinenya langsung ya Sobat. Biasanya pelayanan penanganan komplainnya akan langsung dan mudah-mudahan bisa langsung selesai masalahnya. Jadi tolong jangan ngeluapin kekecewaan atau kemarahan karena masalah belanja online ini di Media Sosial ya Sobat, karena ini kadang-kadang bisa jadi masalah hukum buat kita.


Ini tips belanja online menjelang hari raya buat Sobat Oleco ya. Semoga keberkahan hari raya Idul Fitri tahun ini dapat segera ngembaliin kondisi bumi seperti semula dan pandemi COVID-19 segera berakhir. 






KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Hak Cuti Karyawan

Hai Sobat OLeCo, dalam artikel kali ini akan bahas tentang hak cuti apa aja nih yang berhak diter ...

user image Ika Pristisari 10/15/21, 2:59 AM

Traffic Light Atau Polisi, Siapa Lebih Berkuasa?

Traffic light atau yang seringkali disebut ‘lampu merah’ memang merupakan salah satu alat p ...

user image Glory Ajeng Putri 9/30/21, 10:39 AM

Boleh Nggak Sih Bakar Sampah?

Sampah di rumah lagi numpuk banget, tapi Pak Tukang Sampah belum juga dateng. Hmm, ya udah bakar ...

user image Glory Ajeng Putri 9/24/21, 11:14 AM

Artikel Lainnya