a Barang Penumpang Hilang, Tanggung Jawab Perusahaan Bus Juga Hilang?







Barang Penumpang Hilang, Tanggung Jawab Perusahaan Bus Juga Hilang?

12/27/23, 3:22 AM

Halo Sobat OLeCo! Semoga selalu dalam keadaan aman dan sehat selalu ya! Di masa liburan Natal dan Tahun Baru 2023 ini, aktivitas perjalanan tentu semakin padat. Ada yang pulang kampung, liburan, ataupun sekadar jalan-jalan. Banyak moda transportasi yang biasa digunakan, salah satunya bus. Nah, baru-baru ini ada peristiwa kehilangan barang oleh penumpang salah satu perusahaan bus, lho. Bahkan, kejadian kehilangan itu kerap kali terjadi dengan modus yang beragam. Beberapa kali, moda transportasi darat memang sering menjadi incaran untuk melakukan pencurian barang penumpang. Seringnya, sih, terjadi di bus. Masalahnya, kadang perusahaan bus tidak mau bertanggung jawab kalau terjadi kehilangan barang gitu.

Masa' iya sih barang penumpang hilang, eh tanggung jawab perusahaan busnya juga hilang? Yuk simak penjelasan hukumnya berikut!

"Kehilangan barang bukan tanggung jawab perusahaan." Pernahkah Sobat melihat ketentuan seperti itu? Seringnya, ketentuan kayak gitu digunakan untuk melepaskan tanggung jawab perusahaan ketika terjadi kehilangan barang penumpang. Padahal, antara perusahaan sebagai penyedia jasa dan penumpang sebagai konsumen terjadi hubungan pengangkutan, yakni jasa mengangkut penumpang sekaligus barang bawaanya ke tempat tujuan.

Dalam Pasal 4 UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen ("UU Perlinkos") udah disebutin beberapa hak konsumen, di antaranya yaitu hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa serta hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya. Jadi, sudah seharusnya perusahaan bus bertanggung jawab dalam memberikan keamanan kepada penumpang dan barang-barangnya agar hak konsumen terpenuhi.

Lalu, gimana kalau ada ketentuan "Kehilangan barang bukan tanggung jawab perusahaan"? Nah hal kayak gini termasuk dalam salah satu klausula baku yang dilarang lho, Sobat! Dalam Pasal 18 ayat (1) UU Perlinkos udah disebutin nih bahwa "Pelaku usaha dalam menawarkan barang dan/atau jasa yang ditujukan untuk diperdagangkan dilarang membuat atau mencantumkan klausula baku pada setiap dokumen dan atau perjanjian apabila menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha dan/atau memberi hak kepada pelaku usaha untuk mengurangi manfaat jasa atau mengurangi harta kekayaan konsumen yang menjadi obyek jual beli jasa." Nah, ketentuan "Kehilangan barang bukan tanggung jawab perusahaan" ini dapat termasuk bentuk pengalihan tanggung jawab pelaku usaha dan juga memberi hak kepada pelaku usaha untuk mengurangi manfaat jasa. Oleh karena itu, ketentuan "Kehilangan barang bukan tanggung jawab perusahaan" dapat diabaikan karena melanggar ketentuan dalam peraturan perundang-undangan. Ketentuan tersebut juga batal demi hukum karena melanggar ketentuan klausula baku dalam UU Perlinkos.

Jadi, ketika terjadi kehilangan barang di bus maka hak konsumen atas keamanan jasa tidak terpenuhi. Perusahaan bus tidak bisa melepaskan tanggung jawab begitu saja karena keamanan tersebut merupakan hak konsumen yang seharusnya dipenuhi oleh perusahaan. Selain itu, penumpang bus sebagai konsumen juga berhak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan/atau penggantian atas barang yang hilang tersebut.

Demikian tadi penjelasannya, Sobat. Kalau Sobat ada permasalahan hukum, OLeCo siap membantu. Pakai fitur voice call OLeCo, konsultasi jadi makin mudah! Semoga bermanfaat!





KOMENTAR

Terima Kasih !

Tunggu beberapa saat hingga komentar anda tayang.







Korban Turut Jadi Tersangka, Kok Bisa?



Hai, Sobat! Belum lama ini ada berita terkait dugaan pengeroyokan yang dilakukan oleh mahasiswa sela ...
user image Adetia Surya Maulana 2/23/24, 4:54 AM

Series Artikel Kekerasan Seksual (3) Pemaksaan Sterilisasi, Pemaksaan Perkawinan, dan Penyiksaan Seksual



Hai, Sobat OLeCo! Di lanjutan series kali ini, kita akan bahas tiga bentuk kekerasan seksual sesuai ...
user image Adetia Surya Maulana 2/12/24, 3:22 AM

Atribut Kampanye Berbahaya, Ketahui Aturan Pemasangannya!



Halo, Sobat! Gimana kabarnya nih di bulan awal tahun 2024 ini? Semoga kabar baik selalu ya! Oh ya, p ...
user image Adetia Surya Maulana 2/5/24, 7:21 AM

Artikel Lainnya